Langsung ke konten utama

Oktober never die!!

Bulan oktober merupakan target besar saya, salah satu target tersebut adalah bekerja. Hal ini wajar bagi setiap manusia (hhaa). Setelah dinyatakan lulus ujian 25 juli 2012, menyusul yudisium 31 juli 2012 dan dilepas secara massal dengan wisuda 6 September 2012, saya bertekat untuk segera bekerja.

Tetapi rencana Tuhan PASTI lebih baik, hari ini sudah penghujung bulan Oktober 2012, saya masih menanti telpon atau email di inbok dari mbak, mas, ibu atau bapak HRD perusahaan untuk mengajak saya berbincang-bincang atau sekedar menguji logika saya dengan psikotes atau mengasah otak saya dengan soal-soal potensi akademik yang lumayan mengajak otak saya berolah-raga biar sehat (O.o).
 
Bulan ini, saya banyak melakukan banyak kegiatan looh, salah satunya menjalani tugas dan kewajiban saya sebagai Jobseeker. DImulai dengan melamar-lamar di beberapa perusahaan/bank di kota solo, jogjakarta, jakarta dan sekitarnya, melamar job online dan yang paling happening adalah rajin ikut Jobfair!!!!!!!!

Jobfair!! yah itu adalah suatu ajang bersaing looo. Ajang untuk memilah milih persahaan (Gaya bgt niih), maksudnya adalah ajang untuk siap-siap bersaing dengan ratusan bahkan ribuan cv orang-orang dari berbagai suku bangsa, ras, agama dan universitas hahhahah. sebenarnya saya sudah mulai tidak respect dengan jobfair. banyak jobfair yang bikin saya kecewa. kekecewaan itu karena beberapa cv dan lamaran yang saya masukin jarang direspon bahkan ada 2 jobfair yang tidak menghasilkan apa2 alias melunccurr gitu aja tanpa kabar dan beritaa (wkwkkw). pernah juga ketipuu atau mudah percaya sama yang namanya kabar burung bakal diadain jobfair di kampus saya. eh setelah sampai di lokasi auditorium, tidak da jobfair!! dan berita it ZONK!! dan bodohnya tidak hanya saya yang terkena efek kabar burung melainkan ratusaaan penganggur. ahhaha.

Sampai saat ini ada 4 jobfair yang pernah saya ikuti. dan jobfair ke 4 yang saya ikuti diselenggarakan di UGM jogja. Menurut saya, jobfair kemaren sangat membangun semangat saya yang sebelumnya sudah lelah ikut jobfair. dari jobfair kemaren saya mendapat banyak panggilan pekerjaan looh dan berasal dari perusahaa/bank yang bonafit atau terkenal menurut saya. tetapi tidak semua kesempatan itu boleh berlanjut ke tahap yang lebih tinggi. rata2 pada tahap ke 2 test saya gagal.. huaaa (n.n)

"orang bilang kegagalan adalah kunci kesuksesan" semoga kalimat tersebut boleh saya alami karena kegagalan bukan hal yang jarang saya alami. >.<"
Setelah ikut jobfair d UGM saya banyak dapat panggilan. Pernah dalam sehari ada 2 kali test perusahaan tepatnya bank dan dua-duanya perusahaan itu saya gagal. sebuah pencapain penolakan yang yahuuut dengan perjuangan yang lumayan juga menguras uang karena harus bolak-balik dengan kereta ke jogja, ngojek, becak, dan ongkos taksi yang tidak sedikit.

Tetapi ada satu perusahaan dimana saya agak tinggi nih pencapaian pada level tahap recruitmenya, sampai saya bela-belain naik kereta terpagi 05.30 dan bolang sendiri ke jogja dengan lokasi kampus yang belum saya pahami dengan jelas. bermodalkan doa, semangat orang tua dan sedikit uang aku buat becak atau ojek saya melangkah dengan optimis.

 OOps!!! Kilas balik dulu nih, sebelum hari H test tersebut saya pernah datang ke lokasi test pada hari sebelumnya. begini kronologisnya malam pada sabtu tanggal 20 Oktober(Jobfair hr 1) saya langsung d sms hrd perusahaan tersebut untuk test tgl 22. Saat itu kondisi saya sangat capek karena baru pulang dari jogja sudah malam dan langsung ke acara lamaran sepupu. Dan lagi, mungkin karena semangatnya saya mengira tanggal 22 itu hari minggu padahal harusnya senin!!!!!! (masih 2 hari lagi!!!!)
Pada 21 Oktober kaka sepupu saya menikah dan saat itu saya berpikir bahwa tanggal itu pula saya test perusahaan tersebut. Akhrnya saya memutuskan untuk beragkat test dan meninggalkan acara pernikahan sodara (pdahal saat itu saya udah dandan sanggul plus kebaya lengkap!!!!) serta dengan restu banyak saudara saya berangkat k jogja dengan kereta manja 10.20 wib. sedih harus meninggalkan pernikahan kaka sepupu yang sangat dekat.

Ditengah perjalan di kreta tiba-tiba saya di sms hrd Bank ternama untuk interview hari itu juga!!! waww.. saya galau haha. karena prioritas saya ke jogja adalah untuk test diperusahaan non bank yang kemaren malam memberi kabar. Kebetulan test tersebut jam 1 siang, dan test bank yang baru saja menghubungi saya adalah jam 9.30 - selesai.. aaaa hati saya mulai berkecamuk bingung bimbang dan buyaarrr!!. dan karena hari itu masih hari ke 2 jobfair dan kebetulan interview bank tersebut juga terletak di ugm jadi saya memutuskan untuk datang test bank karena saat itu asih jam set 12. dan sampai d lokasi test saya ambil nomer antrian dan segera bergegas ke lokasi kampus lain untuk test jam 1. Beruntung saat itu saya bertemu teman cowo saya yang baik hati haha yang mau nganter saya ke kampus lain untuk test.

Sesampainya di kampus tersebut, masih sepi maklum masih jam 12.30 (pikir saya). Di tempat itu saya berkenalan dengan seorang teman bernama iska dan disitulah saya sadar saya salah waktu test!!!! saya baru sadar hari iu tgl 21 BUKAN 22!!! huaa parah!!! tetapi iska bercerita kalo setelah dia membalas pesan dari hrd tak lama kemudian hrd tersebut membalas dan meralat bahwa test dimajukan tgl 21 oktober. Dari situ saya lega, jadi ada test jg tanggal 21. tetapi saat itu hati saya mulai tidak damai sejahtera karea kepikiran test bank yang berlokasi d ugm (lumayan jauh sih dari tempat lokasi saya berada saat itu) dan saya memutuskan untuk kembalike ugm dan melanjutkan mengantri interview bank. Saat itu saya meminta nomer hp iska dan saya meminta dia menanyakan pada petugas apakah ada test tgl 22. dan singkat cerita iska menunggu sampai jam set 5 sore dan tidak ada satupun hrd perusahaan yang datang. saya lega bercampur ibaa, kasian dia udah nunggu lama. sedangkan saya dalam posisi yang lama juga menanti iterview bank yang tidak tau kapan saya dipanggail dengan no urut saya 178 dan saya bisa masuk interview sekitar set 5 sore!! singkat cerita saya gagal dalam tahap interview. :)

Lanjutt : pada tanggal 22 saya tidak hadir dalam interview (karena saat it mood saya lagi buruk karena pada tgl 22 pagi saya test Bank lagi dan saya gagal lagi!!!) kemudian belum menyerah siangnya saya test psikotes dan interview Bank ke 3 dan yak saya gagal lagi!!! (1 hari ditolah 2 bank) oooh poor!!. dan malam itu juga saya dan 1 sahabat saya yang juga ikut test Bank ke 3 pulang dengan kesedihan yang dalam sampai2 kita nangis bareng hha. di stasiun kami meluapkan isi hati dan paling susah menahan tangis!! di dalam kreta kami juga masih sedih walau kami tampak senyam senyum ketawa ketiwi tapi sebenarnya dalam hati kami menangis. ada moment saat di kreta ketika kami benar-benar sehati, dimana kami tiba-tiba bertatap muka dan tanpa aba2 kami bersamaan menyanyikan lagunya Sheilla On 7 (Aku Pulang). spontan kami langsung tertawa terbahak-bahak!!! dan penumpang yang kebetulan di depan kami (bapak2 n mas2) cuman melihat heran!!! :D..wkkw dan saat itu juga saya memutuskan bahwa 23 oktober saya mau istirahat dan ga mau ke jogja (Ucap saya dengan polos)

masih ditanggal 22 Oktober 2012. Setelah seharian di jogja dan pulang ke solo dengan kabar yang tidakk membahagiakan untuk orang tua bahwa saya GAGAL. (sorry mom, sorry dad). Saya tetap ingin makan, sesampainya di rumah, sambil makan malam ditemani ibu dan menonton tv, saya bercerita tentang hari ini. kemudian ibu bertanya bagaimana perusahaan non bank yang tidak saya datangi tersebut, dan saya menjawab saya tidak tahu jelasnya. dan tak lama kemudian hape saya berbunyi dan saya bacalah sms tersebut yang merupakan undangan untuk saya test tgl 23 oktober (pada perusahaan itu) yahh dan ternyata tgl 22 oktober benar2 ada TEST!!! dan saya mengabaikannya dan saya bersyukur saya d sms lagi untuk test 23 Oktober!!! (bener2 karya Allah)
tapi memutuskan untuk datang ke test tersebut tidak mudah karena saya sudah berniat tgl tersebut mau istirahat di rumah karena saya benar2 capek selama 3 hari berturut-turut solo-jogja dan kondisi keuangan yang mepet karena transport solo-jogja-solo lumayan banyak. malamnya saya langsung tidur, dan pagi hari 23 okt saya memutuskan untuk memaksa diri saya berangkat k jogja dengan kreta terpagi lagi!! di kreta tentu saya ngantuk sekali sempat beberapa kali tertidur dan bangun lagi karena sesak sangat penuh penumpang!.  

yeaaah finally!! Saat itu saya sampai di stasiun lempuyangan sekitar jam 06.30 wib, padahal test nya diadakan jam 08.00 wib di sebuah kampus yang tidak jauh dari stasiun tersebut. wah, akhirnya saya menunggu sambil mempersiapkan mental di stasiun tersebut sampai pukul 07.15 sambil berdoa dan mendengarkan musik. setelah itu, saya bergegas ke lokasi test dan transportasi yang saya gunakan ke lokasi test adalah OJEK!!. Dengan tampilan yang lumayan oke lah celana panjang, hem, spatu heel, dan bleser saya menaiki tangga-tangga menuju aula di lantai 3.
 Ini dia aula tempat saya test tulis n interview.. >.<
Setelah hrd menjelaskan beberapa hal maka test pun dimulai dan waww test tertulis dengan soal hitungan matemathic berbahasa inggris!!! Bukan hanya pusing ngitungnya, lebih lagi pusing menterjemahkan soalnya!!! hha pengalaman pertama saya dengan jenis test tulis seperti ini!! dengan waktu 50 menit dengan 30 soal (kalo tidak salah ingat). waktu pun habis, dan banyak jawaban yang kosong dan akhrinya saya keluarkan jurus terakir saya yaitu mengacak jawaban sambil berdoa,,hhheee...
Stelah selesai test, hrd mengatakan bahwa pengumuman peserta lolos test akan diumumkan hari itu juga pukul 10.30 wib lewat sms!(satu jam'an lagi dari waktu itu!!!!) saya menunggu di lantai 1 kampus itu dan menghabiskan waktu selama sejam dengan duduk sambil online via hp dan sempat beberapa di sapa dosen!! dikiranya saya mahasiswanya hhhee...
Kalo ini mah, lantai 1 tempat saya menunggu pengumuman,,hehe 

 Sambil menanti pengumuman,,sempat narsis XD abis bosennn..

akhirnya waktu itu pun tiba 10.30!!! bila mulai jam itu saya tidak di sms artinya saya gagal test!, sekitar 10,45 an ada sms yang menyatakan saya lolos untuk ke tahap interview yang akan digelar hari itu juga puku 14,00 wib. wahh saya lolos???!! saya bener2 kaget karena saya tidak bisa mengerjakan test dengan baik, jadi saya tahu pasti bahwa kesempatan interview ini benar2 merupakan karya Kristus untuk saya. Bukan karena kemampuan, kepintaran saya tetapi karena Kristus yang berotoritas atas hidup saya, Hal yang tidak mungkin menjadi mungkin karena Kehendak Kristus.
sambil menunggu waktu iterview yang lumayan lama akhrinya saya main dulu ke rumah bude saya hhee... naik becak kemudian naik bis umum sampai dehh di rumah saudara. akhriya saya dapat makan siang dan istirahat untuk persiapan interview!!!
balik ke lokasi test saya dianter pakde saya,,waaaah thx pakde!!!  :* saya datang pas pukul 14.00!! Saat menunggu interview saya berkenalan dengan teman bernama sisca, selvi dan yusuf (ajang test ajang tambah teman :P), salah satu hrd chiness jadi saya panggil dia cici yang cantik, karena bener2 cantik loo dan saya diinterview ma cici cantik itu,,, proses interview berlanjut.. bla,, bal.. dag.. dig... dug... crenggg!!! selesai!!! katanya akan dihubungi 2 minggu dari hari itu untuk hasilnya!
dan sampai saat ini saya masih menanti,.. apakah saya mendapat kesempatan untuk maju ke test selanjutnya interview user...? saya sudah mengambil bagian saya...
saya menyerahkan yang terbaik kepada Kristus, biarlah pengaturannya terus berjalan pada hidup saya dan biarlah KehendakNya yag terjadi.

note: saya bersyukur untuk banyak kesempatan interview yang saya alami. hal itu semua bukan karena kepintaran saya, bukan karena IPK saya, dan itu bukan suatu hal yang bernama luck atau kebetulan tetapi karena Kehendak Allah..suatu pengaturan, proses dan rencana Allah atas hidup anakNya. Terimakasih Tuhan Yesus :)
God Bless Us....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

My first Snow

Seoul. 5 Desember 20XX.  Sore itu jalanan dipenuhi dengan salju.   Orang-orang terus berjalan, diiringi jatuhnya butiran-butiran salju pertama dari langit. Salju yang turun dengan lembut tidak menghentikan aktivitas orang-orang sedikitpun. Mereka terus berjalan dan bahkan ada yang berlari untuk mengejar bus yang hampir berangkat. Tidak peduli sedingin apa suhu udara saat itu. Tampak pula beberapa pasangan kekasih yang terlihat bergandengan tangan dan menikmati salju yang turun. Ada sebuah kepercayaan di Korea bahwa pasangan kekasih yang sedang bersama pada saat salju pertama turun maka mereka akan bahagia bersama selamanya. Seoul kota yang sibuk, kota yang penuh dengan aktivitas, romantisme dan saat itu merupakan kota putih bersalju. Kota yang kala itu dihiasai ornamen-oranamen untuk menyambut Natal putih yang anggun. Deen terus berjalan di bawah hujan salju yang dingin. Baginya butiran salju adalah suatu berkat yang tak ternilai seperti bintang yang berjatuhan. Salju p

"Azalea" Flower si Korean Poetry

Beauty : Azalea Flower Sempat berjodoh dengan Azalea flower : Aku baru menyadari kalau sebelumnya pernah melihat bunga ini di Kota Batu saat aku magang  dan bahkan aku sempat membawa benihnya (biji yang aku ambil langsung darii bunga) kubawa pulang dan kutanam di rumah. 4 hari kemudian mulai tumbuh tunasnya.  S aat itu aku tertarik menanam bunga itu di rumah karena sungguh terpesona dengan cantiknya si Azalea yang saat itu aku lihat tumbuh secara liar, terlihat sangat kuat dan indah walau dipinggir jalan. Aku pelihara tetapi kenapa semakin rapuh saja??? mungkin tidak cocok cuacanya,.Di daerah aku mengambilnya (Kota Batu Malang) cuaca cenderung sejuk dingin dan sinar matahari tidak tinggi seperti daerah tempat tinggalku. Selain itu, mungkin tanah dalam pot sudah tidak subur :/ . Oeh karena itu, cukup sedih ketika aku harus melihat bahwa si Azaleaku rapuh dan mati. (haha dan kayaknya kurang perawatan cz aku sering lupa :D) Kebetulannya

Perkebunan Jeruk di Pulau Jeju Korea Selatan

Drama, Film Korea, MV merupakan salah satu sarana yang dapat memperkenalkan budaya bangsa korea beserta keindahannya. Setelah banyaaaak sekali aku menonton drama korea, film, mv, cf dll itu aku jadi tau tempat-tempat atau hal-hal yang menarik khususnya berkaitan dengan tempat wisata di korea selatan. Oleh sebab itu pula, muncul keinginan untuk menulis salah satu lokasi yaitu perkebunan jeruk di Pulau Jeju. Kalo dari drama korea yang pernah kutonton dan masih kuingat banyak yang menjadikan perkebunan jeruk di Jeju ini sebagai lokasi syuting tapi agak lupa dramanya Tamra The Island,  Loving You, My Girl, lupaa.. XD Lepas dari drama korea, ketertarikanku menulis judul ini karena jarang sekali ada blog yang bahas soal pertanian di korea selatan, padahal seru lo karena pertanian memang seru dan tidak ada habisnya untuk dibahas.  Selain itu Korea Selatan ga hanya identik dengan K-POPnya aja, karena banyak hal menarik lain dan karena aku seorang lulusan pertanian jadi aku sangat passion n